keutamaan sembahyang berjamaah
keutamaan sembahyang berjamaah

Keutamaan Shalat Berjamaah

Dalam islam penganutnya di anjurkan untuk melaksanakan shalat wajib itu berjamaah, supaya meningkatkan rasa kekeluargaan antara sesama muslim. Shalat berjamaah biasanya dilakukan ditempat-tempat umum seperti menasah, masjid, atau balai-balai yang ada di suatu daerah. Bagi lelaki yang dekat rumahnya dengan tempat pelaksaan shalat berjamaah, merupakan suatu kewajiban untuk melaksanakan shalat berjamaah tersebut. Pahala bagi orang yang melaksanakan shalat secara berjamaah itu 27 derajat lebih besar dibanding shalat sendiri. Keutamaan shalat berjamaah sangat lah besar apalagi jika shalat itu merupakan shalat yang sukar (sulit) untuk dikerjakan, seperti shalat subuh, isya, dan ashar. Berikut keutamaah sembahyang berjamaah:

  1. Menjadi syiar bagi masyarakat luas, dengan shalat berjamaah di masjid bias menjadi sarana dakwah bagi masyarakat luas.
  2. Merasakan keteraan kedudukan di hadapan Allah, saat melaksanakan shalat berjamaah kita di satukan berbagai suku, jabatan, kedudukan serta harta. Tidak ada deskriminasi dalam mengerjakan shalat berjamah karena mereka bersatu dalam shaf-shafnya.
  3. Pahala melangkahkan kaki ke masjid atau tempat kita melaksanakan sembahyang berjamaah itu, maka tiap langkah kita akan diberi satu kebaikan dan dihapus satu keburukan.
  4. Jika sembahyang subuh 119 pahala jika dilakukan berjamaah. baca selengkapnya di kemudahan bagi yang melaksanakan sembahyang subuh
  5. Jika shalat isya 59 pahalan akan didapat jika berjamaah disbanding shalat sendiri
  6. Jika shalat zhuhur, ashar dan magrib masig-masing mendapatkan 27 pahala ketimbang melaksanakannya sendiri.
  7. Terhindar dari musibah kemiskinan, orang-orang yang melaksanakan shalat wajib selalu secara berjamaah akan dihindarkan dari kemiskinan. Terhindar dari siksa kubur, ini yang sangat luar biasa yaitu dihindarkan dari siksa kubur. Bahwasannya sika kubur itu sangatlah pedih, takkan sanggup anak adam menahannya. Akan tetapi dengan melaksanakan shalat secara berjamaah seseorang akan dihindarkan dari hal tersebut. Sungguh hal yang sangat luar biasa.

Pengetahuan khusus kepada lelaki

Perlu kita ketahui bahwa untuk para lelaki shalat berjamaah wajib bagi mereka maka dari hal itu berjamaah pun tidak bisa kita tinggalkan seenaknya saja, karena Allah memberi pahala yang melimpah saat seseorang menuju ke tempat shalat berjamaah itu. Jamaah dalam islam sangatlah berharga, sekarang masa keemasan islam sudah tidak ada lagi tinggal kita para muslim harus menjadikan islam sekarang sebagaimana islamnya dulu yang tidak pernah di kuasai oleh kafir. Maka dari itu kita harus merebut kembali apa yang sudah mereka ambil dari kita, itulah hak kita sekarang. Dan itu tidak akan terjadi jika masjid-masjid tidak di penuhi dengan orang yang sembahyang.

Baca juga: 15 hal yang harus di perhatikan dalam berwudhu

Demikianlah pembahasan kali ini dari saya, maaf mungkin ada yang keliru atau kesilapan mohon di komen dan jika memang anda merasa bertambah ilmunya tidak ada salahnya anda like dan membaca artikel-artike lain dari saya. Salam mudahnyaislam.com

ingin menjelaskan pada dunia betapa mudahnya islam, asalkan ingin mengerjakannya semua akan terlihat mudah.