Sebagaimana yang kita ketahui bahwasannya hari jumat memiliki keutamaan yang tidak dimiliki hari-hari lain, maka untuk kita supaya jangan sampai melewatkan untuk beramal sebanyak-banyaknya. pastikan sudah membaca keistimewaan hari jumat

Berikut Amalan Yang Baik Dikerjakan Di Hari Jumat agar membuat jumat kita lebih bermakna:

Membersihkan diri

membersihkan diri untuk mengawali hari jumat dan hendak pergi shalat jumat merupakan suatu amalan sunnah yang sangat dianjurkan bagi setiap muslim yang baligh untuk mengerjakannya. Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya” (HR. Bukhari dan Muslim).

baca juga: hukum dan syarat sah shalat jumat

Saat hendak pergi shalat jumat kita juga di sunnahkan untuk memakai pakaian yang bagus, karna shalat jumat adalah sembahyang wajib bagi laki-laki baligh lagi berakal. Maka memakai pakaian bagus itu adalah sebuah keharusan. “Kenakanlah pakaian-pakaian putih, karena pakaian putih adalah sebaik-baik pakaian kalian.” (H.R. Tirmidzi). Memerhatikan hal-hal kecil seperti memakai pakaian putih saat pergi shalat jumat juga sangat penting dalam mencari ridha Allah SWT. Karna ridha Allah tidak hanya dengan amalan-amalan besar.

Perbanyak Shalawat

Di hari jumat pula shalawat adalah amalan yang sangat dianjurkan karna mengingat kelebihan hari jumat itu sangatlah besar. Begitu banyak hadis mengenai anjuran shawalat di hari jumat, beberapa di antaranya yaitu, Rasulullah SAW juga bersabda:

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari jum’at, maka sesungguhnya ia disaksikan, disaksikan para Malaikat. Dan sungguh, sekali-kali tidaklah salah seorang diantara kalian bershalawat kepadaku kecuali shalawatnya akan ditampakkan kepadaku hingga dia selesai“. (HR. Ibnu Majah).

dan juga Rasulullah SAW bersabda, “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap hari Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti“. (HR. Al-Baihaqi)

Mari bershalawat kepada baginda kita yaitu nabi besar Muhammad SAW yang telah berjuang keras demi agama Allah SWT yaitu islam.

Perbanyak Doa

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu yang menyebut bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari Jumat kemudian berkata, “Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu, (HR. Bukhari dan Muslim). Jangan tunggu jumat selanjutnya untuk mendapatkan kesempatan ini, mari mulai dari jumat ini untuk mendapatkan kesempatan bertaubat dan kembali kejalan yang benar. Memohon ampun dan bertaubat sangat baik di hari jumat, karna ini adalah hari mustajabnya doa-doa.

Syair inipun menjadi syair yang terkenal dan di anjurkan untuk kita baca setiap hari jumat karna di dalamnya terkandung doa-doa yang sangat bagus, yaitu:

Wahai Tuhanku! Aku tidaklah pantas menjadi ahli surga

Namun aku pun tak mampu dengan panasnya api neraka

Maka Terimalah taubatku dan ampunilah dosaku

Karena sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dosa yang besar

Imam Sayyid Bakri menukil perkataan Syekh Abdul Wahhab “Barang siapa membiasakan dua bait ini (2 paling atas) setiap hari Jumat, maka Allah SWT akan mengambil ruh pembacanya dalam keadaan Islam tanpa keraguan sedikitpun“

Membaca Surah Al-kahfi

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jumat.” (HR Hakim dalam Al-Mustadrok).

Membaca surah Al-kahfi sangat-sangat di anjurkan demi memenuhi amalan di hari jumat. Barang siapa yang membacanya maka ia akan disinari cahaya antar dua jumat. Ini adalah momen yang sangat bagus untuk kita mencari ridha Allah di dunia ini, itulah tujuan kita hidup itulah tujuan kita diciptkan. Jangan sampai kita melupakan hal yang seharusnya itu menjadi acuan kita dalam kehidupan ini. mari sama-sama kita hidupkan islam dengan gema bacaan alquran di setiap malam umumnya dan terkhusus di malam jumat agar kita bertaqwa. salam mudahnya islam

ingin menjelaskan pada dunia betapa mudahnya islam, asalkan ingin mengerjakannya semua akan terlihat mudah.

3 Balas ke “Amalan yang Baik Dikerjakan di hari Jumat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *