Hukum sedekah menggunakan harta haram

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang hukum sedekah menggunakan harta haram. Sebagaimana yang sudah kita ketahui dan juga telah saya bahas di artikel sebelumnya bahwasannya sedekah adalah amalan yang sangat dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW. Yang mana terdapat begitu banyak kelebihan-kelebihan didalamnya. Menurut Syara’, sedekah atau shadaqoh berarti memberi kepemilikan pada seseorang pada waktu hidup dengan tanpa imbalan sesuatu dari yang diberi serta bertujuan tawakkal pada Allah SWT. Sedekah juga diartikan memberikan sesuatu yang berguna bagi orang lain yang memerlukan bantuan dengan tujuan untuk mendapat pahala. Dengan begitu, sedekah merupakan ajang untuk mengumpulkan atau mempersiapkan bekal untuk akhirat kelak. namun dengan kelebihan yang begitu besar, dengan tujuan yang begitu suci, bagaimana jika seseorang bersedekah menggunakan harta haram, bolehkah bersedekah menggunakan harta haram?

baca juga: Keutamaan sedekah

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu thoyyib (baik). Allah tidak akan menerima sesuatu melainkan dari yang thoyyib (baik)”. (HR. Muslim no. 1015). Syekh Al Mubarakafuri dalam sobatb tuhfat Al Ahwadzi: Arti dari kata baik (Thayyib) di dalam hadits di atas adalah yang halal. Jadi, harta yang haram tidak dapat diterima oleh Allah SWT.

Bersedekah menggunakan harta haram seperti ibarat mandi menggunakan air lumpur, yaitu sebanyak mungkin air lumpur yang dipakai untuk mandi semakin banyak pula kotoran yang ada di tubuh. Padahal tujuan mandi untuk membersihkan badan. Begitu juga dengan bersedekah menggunakan harta yang haram, semakin banyak bersedekah menggunakan harta haram tidak akan menjadikan kita lebih baik. Namun malah akan menjadikan kita semakin kotor, padahal sedekah mempunyai tujuan yang sangat suci.

(Musnad Ahmad 1/387). “Seorang hamba memperoleh harta haram lalu menginfakkannya seolah-olah diberkahi dan menyedekahkannya semua hartanya seolah-olah diterima melainkan usahanya itu makin mendorongnya masuk ke neraka, sesungguhnya Allah tidak akan menghapuskan keburukan dengan keburukan, akan tetapi menghapuskan keburukan dengan kebaikan; sesungguhnya kenistaan tidak akan menghapuskan kenistaan”.

Oleh karena itu, bersedekah menggunakan harta haram hukumnya adalah haram. Layaknya mandi menggunakan air lumpur, yaitu membuat badan semakin kotor. Maka sedekah dengan harta haram juga menjadikan kita semakin buruk. salam mudahnya islam

baca juga: 10 keutamaan bersedekah

baca juga: sedekah dan pembagiannya

jika dibutuhkan bisa diunduh di link dibawah.

ingin menjelaskan pada dunia betapa mudahnya islam, asalkan ingin mengerjakannya semua akan terlihat mudah.

4 Balas ke “Bolehkah sedekah menggunakan harta haram?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *