Dalam membaca al-quran kita terlebih dahulu harus paham tata cara membaca al-quran yang disebut tajwid. Di dalam tajwid tersebut terbagi menjadi beberapa bagian. Nah kali ini kita akan membahas hukum nun mati dan tanwin. Pastikan sebelum membaca artikel ini sudah membaca hukum tajwid lengkap beserta contohnya.

Hukum bacaan Nun mati (sukun) dan tanwin

Hukum bacaan nun mati (Sukun) dan tanwin merupakan salah satu hukum tajwid di dalam Al-quran. jadi bila nun mati atau huruf berharakat tanwin bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah, maka akan berlaku 4 hukum bacaan.  Yaitu:

  • Izhar
  • Ikhfa
  • Iqlab
  • Idgha

Yang dimaksud nun mati yaitu bila ada nun mati (sukun) bertemu dengan huruf hijaiyah, contoh:

عِنْدَ يَنْمُوْا

Sedangkan yang dimaksud dengan tanwin adalah nun mati yang bertempat di akhir isim (kata benda) yang terlihat apabila dibaca washal (sambung dengan kata lain) dan hilang ketika ditulis (diwakafkan). Jadi pada dasarnya tanwin itu bermula dari nun mati yang kelihatan dalam bahasa lisan dan hilang dalam bahasa tulisan. Contoh :

سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ   Dibaca    سَمِيْعُنْ عَلِيْمُنْ

1. Izhar

Sesuai dengan Namanya izhar artinya terang, jadi cara membacanya jelas dan terang tanpa dengung. Izhar terjadi yaitu ketika nun mati (sukun) atau tanwin bertemu dengan huruf-huruf (izhar) ح,خ,ع,غ,أ,ھ.

contoh:    اَنْهَـارٌ

2. Ikhfa

Ikhfa berarti samar, yaitu menyamarkan bacaan huruf nun mati (sukun) atau tanwin yang bertemu dengan huruf ikhfa. Baik di dalam satu kalimat maupun tidak dalam satu kalimat. Adapun huruf-huruf ikhfa ada 15 huruf, yaitu:

ت         ث          ج         د          ذ          ر          ز          س          ش          ص     ض          ط           ظ      ف         ق          ك         

Contoh:                اِنْ كُنْتُمْ

مَنْ جَاءَ

مُنْذِرٌ

3. Iqlab

Iqlab ini mempunyai arti menukar atau membalik. Menurut istilah menukar makhraj suatu huruf ke huruf yang lain, dan diiringi dengan suara dengung. Dasar dari bacaan iqlab ini adalah ketika ada nun sukun (mati) bertemu huruf ب (ba’). Adapun cara membacanya adalah dengan mengganti huruf nun sukun (mati) atau tanwin dengan huruf suara huruf م (mim), karena bertemu dengan huruf  ب (ba’). Huruf iqlab cuman 1 huruf yaitu ب

contoh:               مِنْ بَعْدِهِمْ

4. Idgham

Arti idgham menurut bahasa adalah memasukkan. Menurut istilah, idgham adalah memasukkan bacaan nun mati (sukun) atau tanwin kedalam huruf-huruf idgham. Dibaca idgham ketika berjumpa dengan huruf  (ي ن م و ر ل) yang biasa disebut sebagai huruf idgham. idgham juga di bagi menjadi 2 macam, yaitu idgham bighunnah dan idgham bilaghunnah.

  • Idgham bighunnah merupakan membaca idgham disertai dengung. Dalam idgham bighunnah ini, hanya ada 4 yaitu (ي ن م و). Jadi saat nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf yang 4 tersebut hukum bacaannya menjadi idgham bigunnah.

contoh:       مَنْ يَقُوْلُ

مِنْ نِعْمَةٍ

مِنْ مَالِ الله

مِنْ وَالٍ

  • Idgham bilaghunnah yaitu membaca idgham secara tidak berdengung, Hurufnya pun hanya ada 2 yaitu (ر ل). Artinya jika nun mati bertemu dengan salah satu huruf idgham bilaghunnah ini maka cara membacanya tidak berdengung.

Contoh:     مِنْ رَ بِهِمْ

مِنْ لَدُ نْهُ

Demikianlah artikel hukum bacaan nun mati dan tanwin, semoga dapat membantu dan menjadi bahan rujukan atau ulangan bagi yang memerlukan. yang perlu digaris bawahi bahwa membaca al-quran merupakan suatu hal yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim. Membaca al-quran dengan benar merupakan kewajiban. oleh karena itu, belajar tajwid yang merupakan aturan dan tatacara membaca al-quran wajib pula. semoga dengan penjelasan diatas yang sedikit dan ringkas dapat membantu teman-teman yang sedang belajar hukum nun mati dan tanwin. salam mudahnya islam

baca juga: 10 keutamaan sedekah

ingin menjelaskan pada dunia betapa mudahnya islam, asalkan ingin mengerjakannya semua akan terlihat mudah.

1 Komentar pada “Hukum bacaan nun mati dan tanwin”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *