Hari jumat adalah salah satu hari besar muslim yang akan dijumpai setiap tujuh hari sekali. Dalam semingu terdapat satu kali hari jumat dan hari inipun disebut sebagai “sayyidul ayyam” yaitu “raja hari”. Sebutan ini sesuai dengan kandungan yang terdapat pada hari jumat ini. Pada hari jumat ada kelebihan yang membuatnya istimewa dari hari-hari lain yaitu:

baca juga: hukum dan syarat sah shalat jumat

Disebut sebagai hari mustajabahnya doa

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu yang menyebut bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari Jumat kemudian berkata,

“Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadis tersebut menjelaskan bahwa di hari jumat terdapat waktu yang ketika kita berdoa doa kita tidak akan ditolak oleh Allah SWT namun waktu itu sangatlah singkat. Inilah kesempatan bagi kita selaku manusia yang penuh dengan dosa, jika untuk bertaubat jangan tunggu waktu tua. Jangan tunggu jumat depan, jumat ini ataupun hari ini juga kita perbanyak amal kita.

baca juga: amalan yang baik dikerjakan di hari jumat

baca juga: kemuliaan bulan rajab

hari dihapuskan dosa

keutamaan hari jumat selanjutnya yaitu dihapuskannya dosa bagi orang-orang yang meminta untuk dihapuskan dosanya. Karna hari jumat adalah hari mustajabahnya doa maka berdoalah untuk dihapuskan dosa-dosa kita. Rasulullah SAW bersabda, “Pada hari itu ada saat yang tidaklah seorang hamba muslim bertepatan dengannya dalam keadaan dia berdiri shalat yang ia meminta sesuatu kepada Allah SWT melainkan akan dikabulkan oleh-Nya“. (HR. Bukhari)

hari besar yang berulang tiap minggu

berbicara hari besar identik dalam bayangan kita dengan hari raya dan hari-hari besar lain yang biasanya akan terulang setahun sekali. Namun pada dasarnya hari jumat juga merupakan hari besar yang tak patut untuk dilewatkan. Karna hari ini mempunyai kelebihan yang tak kalah banyak dengan hari besar-besar pada umumnya. Seperti sembahyang sunah jumat dan salat jumat adalah salah satu bukti bahwa jumat merupakan hari besar yang berulah tiap minggu. Tak dapat kita jumpai sembahyang sunnah kamis atau sembahyang kamis, begitupun hari-hari lain. Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kalian telah selesai mengerjakan shalat Jumat, maka shalatlah 4 rakaat.” Amr menambahkan dalam riwayatnya dari jalan Ibnu Idris, bahwa Suhail berkata, “Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu, maka shalatlah 2 rakaat di masjid dan 2 rakaat apabila engkau pulang” (HR. Muslim, Tirmidzi).

Hari terbaik atau sayyidul ayyam

“Hari terbaik di mana matahari terbit di hari itu adalah hari Jum’at. Di hari itu Adam diciptakan, di hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan juga dikeluarkan dari surga. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari jum’at” (HR. Muslim).

Setelah semua kelebihan yang dimiliki hari jumat maka pantaslah hari jumat untuk di sebut sebagai hari terbaik atau sering juga disebut sebagai induknya hari-hari. Imam Ja’far Shadiq berkata, “Malam dan hari Jumat itu memiliki hak, maka jangan menyia-nyiakan kemuliaannya, jangan mengurangi ibadah, dekatkan diri kepada Allah dengan amal-amal sholeh dan tinggalkan semua yang haram. Karena di dalamnya Allah telah melipat gandakan kebaikan, menghapus kejelekan dan mengangkat derajat. Hari Jumat sama dengan malamnya. Jika kamu mampu, hidupkan malam dan siangnya dengan doa dan shalat. Karena di dalamnya Allah mengutus para Malaikat ke langit dunia untuk melipatgandakan kebaikan dan menghapus keburukan, sesungguhnya Allah Maha Luas ampunan-Nya dan Maha Mulia“.

baca juga: keberkahan di bulan ramadhan

Jadi kesimpulan dari pembahasan kita kali ini adalah jangan sia-sia kan hari jumat, karna di hari itu segala sesuatu yang baik akan sangat baik di kerjakan d hari jumat. Salam mudahnya islam

ingin menjelaskan pada dunia betapa mudahnya islam, asalkan ingin mengerjakannya semua akan terlihat mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *