Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang Keutamaan Sholawat Kepada Nabi Muhammad SAW yaitu seorang penghulu kita dan penghulu segala nabi dan rasul. Sebagai seorang umatnya kita harus senantiasa bersyukur kepada Allah karena telah menjadikan kita umat nabi Muhammad. Ya, kita adalah umat yang terberuntung di dunia ini, bagaimana tidak karena kelak di akhirat yaitu saat penghitungan amal rasul kita yaitu nabi Muhammad mempunyai hak untuk membela kita. namun yang akan dibela pun buka sembarang orang tapi hanya orang-orang yang beliau kenal yaitu orang-orang yang senantiasa bersholawat kepada beliau dengan ikhlas karena Allah.

Keutamaan sholawat atas nabi Muhammad SAW

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda:

أَوْلَى النَّاسِ بِيْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَيَّ صَلاَةً

“Manusia yang paling utama terhadap diriku pada hari kiamat, ialah manusia yang paling banyak bershalawat untukku.” (HR. Al-Turmudzî).

Mengenal sekilas sosok nabi Muhammad

Nabi Muhammad SAW adalah sosok pemuda yang jujur, tegas dan baik akhlaknya. Mulai dari kecil beliau di kenal dengan sebutan As-siddiq yaitu “benar”, ya beliau sudah sejak kecil memperlihatkan kebeneran-keberanan yang berasal dari perkataan beliau. Dengan akhlak yang baik beliau serta kejujurannya beliau sukses berdagang semenjak kecil. karena semenjak di kandungan ayah nabi wafat maka beliau sedari kecil sudah bekerja dengan pamannya. ketabahan dan rasa syukur beliau telah menyesakkan kita mengapa tidak karena ibunya nabi pun ikut wafat ketika umut beliau 6 tahun. Tak cukup disitu turut wafat juga kakek beliau 2 tahun setelah meninggalnya ibunya. Begitulah kehidupan masa kecil rasulullah SAW. Sekalipun kerap dilanda kesedihan sedari kecil namun beliau tetap tabah menjalaninya. Apalagi setelah beliau berdakwah cacian dan hinaan pun sudah hampir setiap saat beliau terima.

baca juga: besarny keagungan nabi muhammad

baca juga: arab sebelum nabi muhammad

baca juga: sholat tahajud beserta keutamaannya

Dalam mensyiarkan agama islam keteguhan hati serta ketabahan beliau patut di teladani. Beliau memang benar-benar tabah menghadapi manusia-manusia di jaman beliau. Dalam satu riwayat menyatakan bahwa satu ketika saat beliau jalan melewati rumah paman beliau abu lahab, nabi pernah dilempari kotoran unta oleh abu lahab yang merupakan paman nabi sendiri. Abu lahab dan istrinya adalah paman nabi dan merupakan orang yang paling menentang kenabian dan kerasulan Muhammad SAW. Nama abu lahab pun diabadikan dalam Al-quran dalam surah Al-lahab.

Begitu spesialnya nabi Muhammad SAW di muka bumi ini

Sosok Nabi Muhammad hadir di tengah-tengah masyarakat kafir quraisy, yang tiada agama masyarakatnya. Mereka sangat jahiliah dalam hidup, agama terasa asing bagi mereka. Siapa yang kuat, dialah yang berkuasa. Perempuan bahkan tiada arti melebihi pemuas hawa nafsu para lelaki. Saat itu binatang pun merasakan jahiliahnya mereka, mengapa tidak? Mereka seenaknya dengan binatang. Jika mereka mau makan kakinya yasudah tinggal potong saja kakinya setelah itu dibiarkan begitu saja binatang tersebut. tapi lahirnya nabi Muhammad di tengah-tengah masyarakat quraisy membuat perubahan besar. Bukan hanya perubahan namun peradaban islam hadir Bersama nabi Muhammad. Lantas malas kah kita bersholawat atas nabi Muhammad? Setelah begitu besar perjuangan beliau, begitu sulit perjuangan beliau. Kita hanya perlu bersholawat, pun sholawat mempunya keutamaannya tersendiri. Allah memberi pahala untuk kita yang bersholawat, Rasulullah juga bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ ، وَحَطَّ عَنْهُ بِهَا عَشْرَ سَيِّئَاتٍ ، وَرَفَعَهُ بِهَا عَشْرَ دَرَجَاتٍ

“Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali dan Allah akan menghapus sepuluh keburukan darinya serta mengangkatnya sepuluh darajat.” (H. R. An-Nasai dari Anas bin Malik)

Apalagi yang menjadi tolak ukur dikehidupan ini jika acuannya tidak pada Al-quran hadist ijma’ dan qiyas. Dalam hadist ini sudah jelas nabi bersabda, mari kita lestarikan sholawat. Banggalah saat sering-sering kita sholawat. Ingat seperti yang saya singgung di awal, di akhirat nabi memiliki hak untuk kita umatnya, nabi dapat memberi syafaat untuk umatnya tapi hanya untuk orang-orang yang banyak bersholawat kepada beliau.

Nabi Muhammad sosok yang sangat dihormati bahkan bukan hanya umat islam tapi oleh semua orang. Dalam buku 100 tokoh yang paling berpenagruh di dunia karya  astrofisikawan Michael H. Hart memuat bahwa nabi Muhammad menduduki nomer pertama dengan tokoh yang paling berpengaruh di dunia. Nabi Muhammad hanya satu sosok yang perbuatan, perkataan beliau masih dijaga dan diikuti sampai sekarang. Bagi kita umat manusia mengikuti perbuatan, perkataan dan bahkan diamnya nabi dalah sunnah, yang harus kita ikuti.

ingin menjelaskan pada dunia betapa mudahnya islam, asalkan ingin mengerjakannya semua akan terlihat mudah.

1 Komentar pada “Keutamaan sholawat kepada nabi muhammad”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *