Kemuliaan Yang Terdapat Di Bulan Rajab

Sebagaimana kita ketahui bahwa bulan Rajab merupakan salah satu bulan suci dalam islam yang sering juga di sebut sebagai bulan haram, dimana peperangan diharamkan di bulan ini. Karena kemulian di dalamnya lah membuat peperangan diharamkan untuk menghormati bulan rajab ini. Bulan rajab sering juga di sebut sebagai bulan Allah, bulan sya’ban bulan nabi dan bulan Ramadhan sebagai bulannya umat. Kemuliaan di dalam bulan rajab ini sungguh besar. Hingga saat kita mengerjakan suatu amalan maka akan mendapatkan keberkahan tertentu dan pahala yang begitu besar pula.

baca juga: keberkahan bulan ramadhan

kemuliaan bulan rajab

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah itu ada 12 bulan. Seluruhnya dalam ketetapan Allah di hari dia menciptakan langit dan bumi. Di antara 12 bulan itu terdapat 4 bulan haram. Itulah ketetapan agama yang lurus, maka janganlah engkau menzalimi dirimu dalam bulan yang 4 itu.” (QS.At-taubah:36). Memang terdapat keistimewaan disisi Allah terhadap 4 bulan haram tersebut yang salah satunya bulan rajab ini. Maka dari itu jangan sampai kita terlambat untuk melmperbanyak amalan-amalan di bulan rajab.

Kata syekh abdul kadir jailani dalam kitabnya ada satu hadis “muliakan olehmu akan bulan rajab niscaya memuliakan oleh allah dengan 1000 karamah pada hari kiamat. Dan barang siapa mandi pada awal, pertengahan dan akhir bulan rajab niscaya dibersihkan oleh allah akan dosanya seperti bayi yang baru lahir”. Syekh abdul kadir jailani sering kita dengar bahwa beliau adalah salah satu wali Allah dengan tanda-tanda kealiman beliau. Sungguh besar kemuliaan yang dimiliki oleh bulan rajab ini hingga mandi awal masuknya bulan inipun disunnahkan.

Jangan melakukan perbuatan zalim di bulan rajab

Karna bulan ini adalah bulan yang mulia maka melakukan kezaliman pada bulan ini pun pasti dosa dan sanksinya pun pasti lebih besar. “Sesungguhnya mengerjakan perbuatan zalim dibulan-bulan haram, maka dosa dan sanksinya jauh lebih besar dibandingkan melakukan zalim dibulan-bulan lainnya” kata ibnu abbas yang dikutib ibnu katsir dalam tafsirnya. Maka dari itu jangan sekali-sekali mengerjakan perbuatan yang zalim atau perbuatan dosa karna imbasnya pun akan jauh lebih besar di bulan rajab ini.

baca juga: kelengkapan yang ditawarkan islam melalui al-quran

Di bulan ini juga terjadi peristiwa isra’ dan mi’raj yaitu suatu peristiwa yang sangat luar bisa yang di alami nabi Muhammad SAW di satu malam yaitu perjalanan dari masjidil haram ke masjidil aqsa kemudian di angkat ke sidratul muntaha dengan ditemani malaikat Jibril dengan menggunakan buraq (binatang syurga). Peristiwa ini merupakan peristiwa besar karena di malam inilah perintah sembahyang wajib diterima oleh rasulullah SAW.

ingin menjelaskan pada dunia betapa mudahnya islam, asalkan ingin mengerjakannya semua akan terlihat mudah.

2 Balas ke “Muliakanlan Bulan Rajab”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *