niat sholat 5 waktu

Seperti yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya yaitu sembahyang wajib, bahwa sholat wajib ini terdiri dari 5 waktu sholat. Mulai dari sholat subuh (pagi) hingga sholat isya (malam). Di dalam pelaksanaannya ada keutamaan-keutamaan tertentu yang sudah pula saya bahas diartikel sebelumnya. yaitu keutamaan shalat berjamaah

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang niat sholat 5 waktu. Yaitu satu rukun yang sangat penting dalam sholat wajib ini sendiri. Jika seseorang salah dalam berniat, maka dapat dipastikan bahwa sholat yang dikerjakan itu tidak sah. Karna memang untuk memasuki sholat wajib -khususnya- maupun sholat sunnah adalah dengan berniat. Sebelum saya masuk lebih dalam tentang niat sholat 5 waktu, saya akan membahas sedikit tentang apa itu niat.


Niat adalah goresan hati, dimana saat anda sedang berniat artinya hati anda sedang bergores oleh apa yang akan anda niat. bahwa niat adalah bentuk ucapan, namun ucapan ini bukan berasal dari lisan melainkan berasal dari goresan hati itu sendiri. Bahwa niat merupakan goresan hati tentang suatu hal maka tidak heran jika saat seseorang sedang berniat, namun ucapan dari lisannya tidak sesuai dengan niatnya.


Bisa saya analogikan bahwa saat si A marah terhadap si B, namun kemarahannya terus dia pendam dan saat mereka bertemu si A ini yang marah ke si B bersikap biasa saja walau hatinya berkata lain. Ada sikap yang berbeda antara lisan dan hati. Nah perkataan atau goresan dalam hati inilah yang dinamakan dengan niat. Walau begitu, niat sholat tidak boleh saat sedang berbicara atau lisan sedang berucap hal lain. Karna niat itu terdapat di dalam takbiratul ihram. Jadi saat kita takbir untuk memulai sholat saat itu pula hati kita berniat.

Di dalam niat itu sendiri, terdapat induk niat (wajib) dan penyokong (sunnah). Artinya tidak sah niat sholat seseorang jika induknya niat tidak diniatkan. Jika kata tersebut sifatnya penyokong (sunnah), maka sah niat walau kata tersebut tidak diniatkan.

Contoh niat hanya mengandung induknya (wajib) niat sholat
  • “sahaja aku sembahyang fardhu magrib karna Allah
  • “sahaja aku sembahyang fardhu isya karna Allah
  • “sahaja aku sembahyang fardhu subuh karna Allah
  • “sahaja aku sembahyang fardhu zhuhur karna Allah
  • “sahaja aku sembahyang fardhu ashar karna Allah
Contoh niat yang disertakan sunnah di dalam induknya (wajib) niat sholat
  • “sahaja aku sembahyang fardhu magrib 3 rakaat menghadap kiblat karna Allah”
  • “sahaja aku sembahyang fardhu isya 4 rakaat menghadap kiblat karna Allah”
  • “sahaja aku sembahyang fardhu subuh 2 rakaat menghadap kiblat karna Allah”
  • sahaja aku sembahyang fardhu zuhur 4 rakaat menghadap kiblat karna Allah”
  • sahaja aku sembahyang fardhu ashar 4 rakaat menghadap kiblat karna Allah”

suatu ibadah yang dikerjakan bukan berdasarkan ilmu maka berhati-hatilah karna ilmu adalah hal yang sangat penting untuk bisa mengerjakan ibadah kepada Allah. seperti hadis nabi “barang siapa yang melakukan amalan yang bukan berasal dari kami, maka amalan tersebut tertolak” (HR.muslim no 1718). jangan sekali-sekali mengerjakan ibadah tanpa ilmu karna sunguh itu sia-sia. salam mudahnya islam

ingin menjelaskan pada dunia betapa mudahnya islam, asalkan ingin mengerjakannya semua akan terlihat mudah.

1 Komentar pada “niat sholat 5 waktu”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *