Perbuatan Yang Dapat Membatalkan Shalat

Assalamualaikum Wr. Wb

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang perbuatan apa yang akan membatalkan shalat. Setelah kita mempelajari rukun dan syarat sah shalat, kita harus juga mempelajari perbuatan-perbuatan apa saja yang berakibat batalnya shalat kita. Sehingga setelah mempelajari artikel ini kita dapat mengetahui perbuatan yang tidak boleh dilakukan disaat shalat.

Dalam shalat, baik shalat fardhu (wajib) maupun shalat sunnah beberapa hal atau perbuatan dibawah ini tidak boleh dilakukan. Apabila dilakukan maka akan membatalkan shalat kita.

Berbicara dengan sengaja.

Yang pertama adalah berbicara, baik berupa perkataan maupun berupa kode yang tujuannya adalah untuk komunikasi dengan seseorang.

“إِنَّ هَذِهِ الصَّلاَةَ لاَ يَصْلُحُ فِيهَا شَىْءٌ مِنْ كَلاَمِ النَّاسِ إِنَّمَا هُوَ التَّسْبِيحُ وَالتَّكْبِيرُ وَقِرَاءَةُ الْقُرْآنِ”. رواه مسلم

“Sungguh shalat ini tidak pantas di dalamnya terdapat sesuatu dari perkataan manusia. Perkataan yang pantas hanyalah tasbih, takbir dan bacaan Al-Qur’an”. (HR. Muslim).

Hadas, baik hadas kecil maupun hadas besar.

yaitu misal di tengah shalat keluar kentut, maka batal lah shalatnya. Atau seorang muslimah yang sedang melaksanakan shalat berhaid, maka shalat nya seketika itu batal. Hal ini dikarenakan syarat sah nya shalat adalah suci dari hadas dan najis.

Kejatuhan najis kecuali jika langsung dibuang

Imam Nawawi al-Bantani menjelaskan bahwa jeda nya adalah sebagaimana jeda tumma’ninah dalam shalat. Jika lebih dari itu maka batal lah shalat nya. Jika najisnya berupa najis yang kering maka tidak masalah untuk mengibaskan nya walaupun di dalam masjid. Jika najisnya berupa najis yang basah, maka terdapat beberapa pendapat setelah mengibaskan najisnya: pertama, dianjurkan untuk membatalkan shalat nya dan membuangnya keluar jika waktunya lama dan ditakutkan dapat membuat najis masjid; Kedua, jika shalatnya tidak lama lagi maka lebih baik melanjutkan, baru setelah itu membuangnya keluar.

Aurat terbuka kecuali bila langsung ditutup,

baik terbuka karena lalai maupun tertiup angin. Sebagaimana dikatakan Imam Nawawi al-Bantani, waktu untuk langsung menutup aurat yang terbuka adalah maksimal waktu tuma’ninah. Jika auratnya terbuka karena angin kemudian terbukanya berulang-ulang sehingga dapat menimbulkan gerakan yang berulang-ulang juga maka hal itu dapat membatalkan shalat

Melakukan aktifitas/gerakan atau perbuatan yang banyak dan dilakukan berturut-turut

Seperti berjalan tiga langkah dengan sengaja atau karena lupa. Adapun jika gerakan itu sedikit, maka tidak membatalkan shalat.

Berubah niatnya

Yakni jika saat sedang shalat seseorang berniat untuk keluar dari shalatnya, maka seketika itu juga shalatnya batal.

Mengganti niat kepada selainnya

Baik itu sholat fardhu maupun sholat sunah. Missal seseorang sedang shalat maghrib kemudian mengganti niatnya untuk shalat selain magrib. Maka perbuatan tersebut dapat membatalkan shalat tersebut.

Ragu-ragu dalam niat

Misal seseorang ragu tentang niat shalat yang sedang dia lakukan tersebut. Maka jika ragu-ragu tersebut melebihi kadar waktu tumma’ninah maka batallah sahalat tersebut.

Ketawa terbahak-bahak

Dalam shalat kita juga tidak boleh untuk tertawa, karna saat shalat kita harus berusaha sebaik mungkin untuk khusyu’. Maka jika seseorang tertawa dalam shalat maka batal lah shalat tersebut.

Membelakangi kiblat

Maka, hal ini jelas membatalkan shalat, karena syarat sah sebelum melaksanakan shalat adalah menghadap kiblat. Sekalipun hanya memalingkan dada kiri atau kanan dari arah kiblat. Hal tersebut juga dapat membatalkan shalat kita.

Makan dan minum

Meskipun hanya sedikit saja. Kecuali jika ia tidak tahu akan keharamannya seperti bagi orang yang baru masuk Islam. sudah jelas dalam shalat kita tidak boleh makan dan minum.

Murtad

Yakni keluar dari agama Islam baik dari ucapannya maupun tindakannya. Misal, seseorang berniat untuk meninggalkan agama islam. maka seketika itu juga orang tersebut akan kafir (keluar dari agama islam) seketika itu juga kewajiban shalat hilang bagi orang tersebut.

baca juga: shalat wajib

baca juga: Tata cara sembahyang wajib lengkap

Beberapa perbuatan diatas lah yang tidak boleh kita lakukan saat sedang shalat, Karna dapat menyebabkan batalnya shalat kita. Terima kasih sudah membaca, semoga dapat membantu untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Sekian, salam mudahnya islam!

Assalamualaikum Wr.Wb

ingin menjelaskan pada dunia betapa mudahnya islam, asalkan ingin mengerjakannya semua akan terlihat mudah.

1 Komentar pada “Perbuatan Yang Dapat Membatalkan Shalat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *