Mendengar kata sembahyang langsung terbayang dalam fikiran kita bahwa sembahyang adalah sebuah perbuatan atau ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah. sebagaimana nabi telah menyebutnya dalam hadist shahih, nabi pernah bersabda: ”sesungguhnya yang pertama kali akan dihisab atas seseorang hamba di hari kiamat adalah perkara sembahyang, apabila sembahyangnya baik, maka baik pula amal ibadah lainnya, kemudian semua amalannya akan dihitung atas hal itu” (HR. Nasa’i). Sembahyang wajib adalah satu-satunya ibadah yang pengambilannya tidak melalui perantaraan Jibril seperti ibadah-ibadah lain namun Allah langsung mengundang nabi untuk menghadap-Nya.

Sejarah Pengambilan Sembahyang

berbicara sejarah pengambilan sembahyang wajib yaitu suatu peristiwa yang dikenal dengan nama isra’ dan mi’raj. dimana pada suatu malam nabi muhammad di angkat ke langit ke tujuh untuk proses pengambilan induknya ibadah yakni sembahyang wajib.

Awal mulanya Allah memerintahkan sembahyang sehari semalam 50 kali. Akan tetapi saat nabi hendak turun ke bumi berjumpalah dengan nabi Isa AS, beliau berkata “ tidak akan sanggup umatmu melaksanakan sembahyang 50 kali karna umatmu akhir jaman kecil-kecil. Kembalilah menghadap Allah untuk meminta kurang”. Lalu nabi Muhammad pun meminta kurang. Kejadian itu berulang hingga 9x karna setiap berjumpa dengan nabi Isa AS, nabi Isa selalu menyuruh nabi untuk kembali meminta kurang, hingga yang ke-10 nya nabi menolak atau tidak mau lagi meminta kurang karna malu dengan Allah.

Baca juga:pentingnya wudhu bagi ibadah

baca juga: tata cara sembahyang wajib lengkap

Dari kejadian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Allah saja sangat menghargai ibadah sembahyang dengan mengundang langsung nabi menjumpai-Nya untuk pengambilan sembahyang. Apalagi kita hambanya harus benar-benar melaksankannya tanpa menunda-nunda apalagi untuk meninggalkan ibadah tersebut itu memang harus di singkirkan dalam fikiran.

Sembahyang Disebut Juga Sebagai Induknya Ibadah

Karna dengan sembahyang seseorang akan dijauhi dari perbuatan mungkar. Baik kemungkaran yang sifatnya ringan hingga besar. namun dalam pelaksanaannya sering kita temui di kalangan kita bahwa yang melakukan sembahyang pun melakukan perbuatan mungkar. Timbul pertanyaan dalam benak orang-orang yang awam pengetahuan agamanya. Apakah ayat Allah itu salah??apakah Allah membohongi hamba-Nya?? Jawabannya tidak sama sekali, ayat Allah tidak pernah salah yang salah adalah orangnya. jika kasusnya seperti ini bisa kita simpulkan bahwa ada yang salah dalam pelaksaannya. ada yang kurang dalam pelaksanaannya hingga sembahyangnya tidak menegah perbuatan keji dan mungkar.

Kejadian seperti itu biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki sifat yang tidak baik dalam hatinya, misal penyakit hati. Nabi juga pernah bersabda bahwa “sembahyang adalah tiangnya agama, barang siapa yang mengerjakannya maka dia telah mendirikan agama dan barang siapa yang meninggalkannya maka dia telah meruntuhkan agama”.

Apa susahnya mengerjakan sembahyang yang hanya menghabiskan waktu sekitaran 10 menit. Saat seseorang sedang sembahyang seolah-olah Allah berada di depan-Nya dan menjawab doa-doa yang diucapkan. Jika ingin berdialog dengan Allah sembahyanglah karna itu adalah satu-satunya dialog tanpa hijab dengan Allah. Dalam sehari muslim dapat berdialog dengan Allah 5 kali, bayangkan jika orang yang melaksanakannya dengan khusyuk dan ikhlas pasti saat ini orang tersebut akan terhindar dari perbuatan mungkar. Mulai dari subuh di pagi hari, hingga isya di malam hari dipenuhi dengan kemuliaan tersendiri.

Sembahyang wajib

  1. Sembahyang Subuh adalah sembahyang di waktu pagi hari. Sembahyang ini sangat penting untuk memulai hari. Siapa yang dapat memanfaatkan waktu ini dengan baik maka dia termasuk orang yang mulia.
  2. Sembahyang Zhuhur  merupakan sembahyang di siang hari dengan Keutamaannya pun sangat banyak diantaranya dapat menghapus dosa yang lalu.
  3. Sembahyang Ashar Adalah sembahyang dimana kita sering lalai melakukan dikarenakan waktunya adalah sore hari. Akan tetapi sembahyang ini sangat banyak keutamaannya, diantaranya adalah merupakan amalan yang akan menghantarkan manusia ke syurga.
  4. Sembahyang Maghrib Adalah sembahyang yang dilakukan saat matahari terbenam. Keutamaannya pun sangat besar yaitu salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa.
  5. Sembahyang Isya Adalah sembahyang yang dilakukan pada malam hari. Jika dilakukan berjamaah pahalanya sama seperti salat separuh malam.

Inti dari pembahasan saya kali ini adalah sembahyang adalah ibadah kita kepada allah yang memang harus dilakukan dalam keadaan apapun karna untuk meninggalkan sembahyang tidak ada alasan apapun. Sembahyang juga adalah ibadat paling utama dalam agama islam. So sembahyanglah sebelum kamu di sembahyangkan!!

ingin menjelaskan pada dunia betapa mudahnya islam, asalkan ingin mengerjakannya semua akan terlihat mudah.