shalat zuhur

Shalat zuhur adalah shalat yang dilakukan disiang hari, ketika matahari melewati batas tengahnya maka masuklah waktu zuhur. shalat zuhur sama seperti sembahyang wajib lain yaitu jika ditinggalkan akan berdosa sehingga, dan apabila dilaksakan berpahala. Sesungguhnya tujuan hidup hanyalah untuk beribadah kepada sang pencipta yaitu Allah SWT. Jika tujuan hidup demikian yang dijadikan prinsip dalam kehidupan, maka orang tersebut tidak akan meninggalkan shalat dan ibadah-ibadah lain. Karna sungguh mencari nafkah hanya hiasan dunia yang bertujuan mempertahankan hidup. Namun sungguh yang memberi nafkah hanya Allah semata-mata. berikut keutamaan-keutamaan shalat zuhur:

  • waktu yang sedang dibukanya pintu langit. Nabi sering melaksanakan amalan-amalan saleh diwaktu zuhur karena di istajabahkan doa di saat itu dan nabi pun mengerjakan sunah qalbiah dan ba’diah.
  • Diharamkan dari api neraka, nabi pernah menjelaskan bahwa saat zuhur adalah saat dimana api neraka sedang dinyalakan dan siapa yang mengerjakan shalat zuhur maka dia akan di bebaskan dari api tersebut.
  • Dapat menghapus dosa yang lalu, bahkan jika seorang mukmin konsisten menjaga waktu zuhur maka dia akan bersih dari pada dosa-dosa.
  • Mendapat cahaya di dunia dan akhirat, karena dengan selalu mengerjakan shalat zuhur maka dia telah menjaga sembahyang lima waktu dan sembahyang merupakan cahaya.
  • Sebagai terapi jantung dan melancarkan pencernaan, saat beraktifitas pagi hingga siang jantung manusia bekerja terus menerus sehingga dengan berwudhuk saat siang bisa menetralkan jantung yang sedang bekerja cukup keras. Dalam kaedah ilmu kesehatan di china waktu yang paling baik untuk menetralkan jantung adalah mulai dari jam 11.00 hingga jam 13.00 siang dan itu merupakan waktu sembahyang zuhur.

baca juga: sembahyang berjamaah

baca juga: sembahyang wajib

Pentingnya Shalat Zuhur

shalat zuhur merupakan shalat yang waktu pelaksanaannya ditengah-tengah kesibukan sehari-hari namun karna shalat tidak boleh ditinggalkan dalam keadaan apapun. Seandainya seseorang meninggalkan shalat akan mendapat dosa besar bahkan dosa meninggalkan shalat zhuhur ini melebihi dosa membunuh 1000 muslim. Nah, itu adalah dosa yang sangat besar, bayangkan membunuh seorang muslim saja mendapatkan dosa besar apalagi seribu atau bahkan lebih. Maka jangan sekali-kali meninggalkan sembahyang zuhur atau sembahyang wajib lainnya. Sangatlah sombong seseorang manusia yang telah diciptakan di bumi ini jika dia tidak mau atau tidak pernah sujud kepada sang pencipta yaitu Allah SWT. salam mudahnya islam

baca: hal yang harus diperhatikan dalam berwudhu

ingin menjelaskan pada dunia betapa mudahnya islam, asalkan ingin mengerjakannya semua akan terlihat mudah.

1 Komentar pada “shalat zuhur dapat menghapus dosa”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *