Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang sholat tahajud yang benar serta keutamaannya. Karna sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang memperoleh kedudukan yang tinggi disisi Allah sehingga bagi orang yang melakukannya akan mendapat pahala yang luar biasa dan juga akan memperoleh derajat yang tinggi. Bagaimana tidak, sholat tahajud adalah sholat sunnah satu-satunya yang disebutkan di dalam Al-quran.

Tata cara sholat tahajud

Sholat tahajud memiliki tata cara yang tidak berbeda dengan sholat-sholat biasanya yaitu terdiri dari 2 rakaat untuk sekali salam. Namun untuk jumlah rakaat keseluruhannya para ulama berbeda pendapat akan hal tersebut. ada sebagian ulama berpendapat bahwa rasulullah dulu mengerjakannya 11 rakaat sudah termasuk witir dan ada juga yang berpendapat 13 rakaat sudah termasuk witir. Untuk kita yang ingin melakukannya bisa memilih pendapat yang mana. Dan seandainya ada yang bertanya jika hanya melaksanakan 2 rakaat saja boleh? Tentu boleh, dikarenakan ini hanya sholat sunnah.

Sebelum melaksanakan sholat tahajud kita terlebih dahulu harus suci dari hadas dan najis, baik pakaian maupun tempat sholat kita sendiri. Dan tentu pula pakaian yang kita pakai harus menutupi aurat kemudian saat berdiri harus menghadap kiblat pastinya.

Berikut tata cara sholat tahajud:

  • Niat dan takbiratul ihram (wajib)
  • Membaca doa iftitah
  • Membaca surah Al-fatihah (wajib)
  • Membaca beberapa ayat atau surah Al-quran
  • Ruku’
  • I’tidal
  • Sujud
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud yang kedua
  • Kembali berdiri untuk rakaat kedua dan kembali melakukan hal yang sudah saya sebutkan diatas untuk rakaat kedua
  • Kemudian duduk tahiyat akhir
  • Dan yang terakhir salam

Semua tata cara di atas dilakukan dengan tuma’ninah karena tuma’ninah merupakan sesuatu yang wajib di sholat. Begitulah seterusnya tata cara sholat tahajud setiap salamnya kemudian tergantung pribad masing-masing ingin melakukan berapa rakaat. lebih lengkap di tata cara sembahyang lengkap

Hukum sholat tahajud

Allah SWT berfirman dalam Al-quran mengenai sholat tahajud di dalam Al-quran yang artinya:

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

Sholat tahajud ini hukumnya sunnah muakkadah yaitu sunnah yang sangat dianjurkan sesuai perbuatan rasulullah. Rasulullah sendiri melakukannya tiap malam, bahkan awalnya sebelum turunnya perintah sholat lima waktu, sholat tahajud ini diwajibkan untuk setiap muslim. Sedangkan untuk rasulullah sendiri hukum sholat tahajud wajib. Begitu besarnya kedudukan sholat tahajud disisi Allah.

Keutamaan sholat tahajud

Keutamaan sholat tahajud sangat lah besar dikarenakan memang pahala sholat tahajud ini besar.

baca juga: pengertian fardhu kifayah dan fardhu ain

  1. Kedudukan terpuji

Seperti yang sudah saya singgung tadi di awal bahwa sholat tahajud ini dapat meninggikan derajat seseorang. Hal ini pun tersebut dalam Al-quran surah Al-israa’:79 seperti berbunyi di atas pula.

  1. Membawa kemuliaan dan kewibawaan

Jika di dunia orang yang sholat tahajud ditinggikan derajatnya maka di akhirat kelak orang yang sholat tahajud akan mendapat kemuliaan dan kewibawaan tersendiri. “Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

  1. Sholah sunnah paling utama

Sholat tahajud juga termasuk kedalam qiyamul lail, yaitu sholat sunah malam dengan keutamaan yang besar. Sebagaimana Rasulullah bersabda yang artinya “Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasa’i).

  1. Kunci masuk syurga

Setelah semua keutamaan yang telah saya sebutkan di atas pantaslah jika sholat tahajud ini juga merupakan kunci masuk syurga. Memang masuk syurga tidak sebatas dengan melakukan sholat tahajud, namun ini menjadi salah satu penyebabnya masuk syurga seseorang.

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah)

  1. Doanya dikabulkan

Kemudian salah satu keutamaan sholat tahajud ini adalah doanya dikabulkan. Karena kita sholat saat orang lain sedang tidur. Jadi wajar jika orang yang sering melakukan sholat tahajud doa-doanya pun sering dikabulkan.

  1. Penghapus dan pencegah dosa

Berbicara tentang dosa, pastilah setiap manusia tidak luput dari dosa maka dari itu kita harus terus melakukan amalan-amalan yang dapat menghapus dosa. Walau cuman dapat menghapus dosa kecil, namun hal tersebut sangatlah berharga karena dosa kecilpun dapat menjadi dosa besar jika terlalu banyak.

Seholat tahajud juga dapat mencegah kita dari perbuatan dosa. Maka barang siapa yang sering sholat tahajud dapat dipastikan perbuatan dosa akan jauh darinya.

  1. Kebiasaan orang shalih

Jelas sholat tahajud ini merupakan kebiasaan orang-orang shalih. Dan jika kita sering melakukan sholat tahajud ini insyaAllah walau kita tidak shalih lagi namun kita akan dekat dengan orang-orang shalih. Sesungguhnya dekat dengan orang shalih adalah anugerah dari Allah. “Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shalih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad)

  1. Menolak penyakit

Dan yang terakhir adalah dapat menolak penyakit. Maka dapat dipastikan orang yang sering melakukan sholat tahajud akan jauh dari segala penyakit kecuali memang sudah saatnya sakit atau sakit tua.

Waktu sholat tahajud

Waktu untuk melaksanakan sholat tahajud adalah setelah sholat isya dan setelah tidur walau sebentar. Namun untuk waktu yang terbaik adalah di sepertiga malam. Sholat tahajud kadang disebut sebagai qiyamul lail atau sholat lail. Namun tidak semua qiyamul lail atau sholat lail adalah sholat tahajud. Jika seseorang melakukan sholat sunnah di malam hari sebelum tidur, masuk dalam kategori qiyamul lail atau sholat lail. salam mudahnya islam

ingin menjelaskan pada dunia betapa mudahnya islam, asalkan ingin mengerjakannya semua akan terlihat mudah.

2 Balas ke “Sholat tahajud yang benar serta keutamaannya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *